Pages

Sunday, April 14, 2013

RenungaN


Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh
Salam Sejahtera untuk kita semua.

“Kematian” , kata yang akan menghampiri kita kapanpun , dimanapun, dalam keadaan apapun. Setiap yang hidup pasti akan mati. Sebagai manusia , kita tidak bisa memungkiri bahwa ajal/ kematian akan menjemput kita. Terkadang aku sempat berpikir , apakah kematian itu akan selalu meninggalkan jejak kesedihan , ataukah ada hal yang membahagiakan dibalik kata kematian. Mungkin , kematian akan meninggalkan kesedihan bagi orang-orang yang kita tinggalkan. Kita tidak bisa memungkiri bahwa pasti kita akan mati. Tinggal bagaimana kita menjalani kehidupan di dunia ini. Akankah kita hanya memikirkan dunia saja? Tanpa membawa “bekal” untuk akhirat kelak. Kita semua akan kembali kepada Allah , dan di dunia ini hanya tempat singgah sementara.


Pernah aku berpikir , kelak kalau aku telah tiada , semoga orang-orang disekitarku mendoakanku, dan memaafkan kesalahan-kesalahanku yang pernah aku perbuat di dunia ini. Aku adalah manusia yang pernah melakukan khilaf ataupun kesalahan kepada orang lain. Jadi tidak aku pungkiri kalau mungkin beberapa orang yang tidak suka denganku. Ya inilah kehidupan , ada yang suka dan ada yang tidak suka. Tapi sebisa mungkin aku selalu mencoba dan berusaha untuk selalu berbuat baik kepada semua orang.

Pernah suatu ketika sebelum tidur aku merenung, kala itu aku berbaring di tempat tidur yang nyaman , dan seketika terlintas di pikiranku kelak aku hanya akan berbaring di tanah dan penuh dengan kesunyian dan kesepian sendiri di liang lahat. Seketika air mata mengalir membasahi pipiku. Mengingat tentang kematian itu memang perlu , karena kita bisa intropeksi diri kita tentang hal-hal apa saja yang telah dilakukan


Teringat lagu dari Opick yang berjudul “Bila Waktu telah terhenti” , lirik lagunya sangat mengena di hati  : “ Bila waktu telah memanggil teman sejati hanyalah amal, Bila waktu telah terhenti teman sejati tinggalah sepi”. Teramat  dalam makna yang tersirat dalam lagu tersebut. Lagu tersebut sangat bagus karena mengingatkan kita sebagai manusia untuk ingat akan adanya kematian yang kapan saja akan menghampiri kita.


Mari kita renungkan bersama pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ,sebelum ajal menjemput kita :
  1. Apakah kita sudah menjadi manusia yang  taat menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya?
  2. Apakah kita sudah menjadi manusia baik di hadapan Tuhan, dan orang-orang disekitar kita?
  3. Apakah kita sudah membahagiakan orang tua/saudara/dan teman-teman kita?
  4. Apakah kita sudah meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita sakiti?
  5. Apakah kita sudah ikhlas memberi maaf untuk orang-orang yang pernah menyakiti kita?
  6. Apakah kita sudah memberikan kontribusi kita untuk membantu orang lain yang membutuhkan
Semoga dapat mengambil hikmah dari tulisan ini , bukan bermaksud untuk menggurui , tapi sesama manusia diharapkan bisa saling mengingatkan dalam segala hal. Terimakasih. Wassalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh. 

No comments:

Post a Comment