Pages

Wednesday, May 22, 2013

Kenapa kebanyakan PUISI?

'' Kenapa sih isi blognya kebanyakan puisi gitu ? ''

            Blogku ini kebanyakan isinya puisi karena pada dasarnya aku suka nulis puisi. Ya bisa dibilang menulis puisi itu salah satu dari hobiku. Ada sih beberapa temen yang bilang " eh chan ,elo kayak pujangga aja , sukanya nulis puisi" , hahaha . Ku akui aku memang seorang pujangga yang bertalenta .  Hobi menulis puisi sudah aku tekuni sejak aku mengeyam pendidikan di sekolah dasar. Kala itu aku iseng-iseng merangkai kata demi kata , eh ga nyangka bisa jadi sekuntum puisi juga *bunga kali pake sekuntum segala*

        Jaman aku SD dulu , tema puisi yang ku torehkan itu masih dalam ranah tema "alam" , contohnya puisi yang bertemakan pemandangan alam, tema tentang "ayah'' , "ibu" , dan persahabatan. Dan ketika menginjak masa putih-biru tua , dan putih- abuabu , tema puisku semakin beragam, aku mulai menulis puisi yang bertemakan C.I.N.T.A. cie,,cie...cie..cie . Ya secara masa-masa itu dimana aku mengenal apa itu 'falling in love'' , hahahaha. Selain itu tema persahabatan juga masih mendominasi sebagai inspirasiku dalam menulis puisi. Beranjak meniti pendidikan di masa kuliah , tema puisi lebih bervariasi dari puisi yang bertema cinta , persahabatan, bahkan kritikan terhadap permasalahan polekbudhankam (politik , ekonomi, budaya, hukum , dan keamanan) pernah mampir juga dalam perjalanan dunia perpuisianku . *bahasaku semakin hmmm banget*

Inspirasi yang aku dapat untuk membuat puisi itu  tidak hanya dari pengalaman pribadiku. Akan tetapi , aku juga memetik buah inspirasi dari pengalaman sahabat-sahabatku ataupun orang-orang disekitarku. Apapun bisa kujadikan inspirasi. 

Dalam menulis puisi itu , nggak selamanya sang penulis harus mematuhi aturan-aturan penulisan puisi yang ada. Kalau dulu pernah ada aturan , puisi itu setidaknya bersajak ab- ab. , masih ingat kan kalian dengan aturan tersebut? . Jadi nggak selamanya puisi harus bersajak ab-ab. Kata siapa nggak selamanya ? kata aku *abaikan* Kalau menurut aku , yang terpenting dalam menulis puisi yaitu:

 Puisi itu harus punya rasa 
Rasa apaan nih maksudnya? Manis/Pahit/Asam/Asin /Nano-nano ? . Dalam menulis puisi , seorang penulis akan memberikan rasa dalam puisinya , dalam artian ada pesan yang disampaikan oleh penulis ke pembaca.Sebagai contohnya , puisi A memiliki rasa manis  bisa dilihat dari diksi (pilihan kata) yang di pakai , karena banyak diksi yang menyimbolkan perasaan penuh kebahagiaan. ahaiiiiiiiiiiiiii

      Entah kenapa ya , kalau aku ada 'uneg-uneg" gitu aku lebih sering menuangkannya ke dalam bentuk puisi , dan setelah menulis puisi itu rasanya "uneg-uneg" yang mengganjal di pikiran dan sanubariku itu langsung terkikis dan hilang musnah lenyap seketika. Rasanya plong banget gitu . 

        Kalau mungkin ada orang yang bilang ' ehhh eloo lebay amat sih  dikit-dikit nulis puisi " .Ahhh apa salahnya sih nulis puisi toh nggak mengganggu juga kan. Tiap orang kan punya hak untuk berkarya , dan selama itu nggak menganggu ya oke-oke saja lah. Dan satu lagi , jangan dikira orang yang jago bikin puisi itu orang yang romantis atau orang yang pinter gombal. Jago bikin puisi || orang romantis|| orang pinter gombal || , ketiga hal tersebut merupakan 3 ranah pembahasan yang berbeda dan nggak saling terkoneksi . Kalaupun eh ada yang seperti itu , ya mungkin memang begitu adanya. Kalau ditelaah persamaan antara ketiga ranah tersebut , ya emang ada , persamaannya ; sama-sama merangkai kata-kata menjadi kombinasi yang istimewa. istimewa chibbi chibii chibii hap hap hap hahahhahahah 

Okedeh , cukup sekian dulu ya , terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca postingan ini . 

2 comments:

  1. sama banget mbak, aku juga suka bikin puisi. cuman kalo aku bikin puisi, aku cuma punya 1 tema. CINTA. hahaha..udah gitu aja...sukses buat kumpulan puisinya ya mbak, spa tau lusa bisa buat buku kumpulan puisikayak Bu Pur :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin , semoga ya dek ^_^ , km jg smoga tulisan2 d.blog km bisa d.terbitin jadi buku gt, aamiin =D

      ciee cieee sama tosh dulu yookkk , tosh toshh toshhh :*

      Delete